ROONEY LAYAK DISEBUT SEBAGAI PEMIMPIN

By | December 23, 2013

365ligaJiwa seorang pemimpin memiliki ciri-ciri yang selalu rela mengorbankan apa saja untuk kepentingan tim, menampilkan yang terbaik bagi tim dan selalu tanggung jawab atas apapun juga untuk timnya. Seperti itulah maksud dari David Moyes, pelatih Manchester United ini menyampaikan tentang pemainnya, Wayne Rooney.

“Anda tahu seperti apakah penilaian saya terhadap Wayne? Penilaian saya ialah tentang jiwa memimpin dirinya. Bagaimana selalu tanggung jawab atas tugasnya demi tim ini, selalu peduli dengan permainannya serta timnya di lapangan. Itu yang saya dapat peroleh dari diri Rooney.” Jelas Moyes, mantan arsitek Everton tersebut.

Saat Rooney bergabung bersama United, memang terjadi banyak perubahan terhadap tim yang bermarkas di Old Trafford tersebut. Dimana pindahnya pemain bintang United, Cristiano Ronaldo, ke Real Madrid dan juga hilangnya sang pemimpin mereka Sir Alex Ferguson, yang memutuskan untuk pensiun dari kursi kepelatihannya.

Kepribadian Rooney juga banyak mengalami perubahan, baik dari segi permaianan maupun dari sikapnya di lapanga. Rooney berhasil menjadi pemain yang lebih dewasa ketimbang saat ia baru bergabung bersama United, dimana Rooney dulu merupakan pemain yang sangat emosional. Dari segi permaian, iapun lebih memikirkan kemenangan tim ketimbang untuk rekor gol dirinya sendiri.

“Wayne merupakan pemain yang sangat bagus. Ia berhasil menampilkan permainan yang sangat baik di setiap pertandingan, baik dari cara ia mengolah bola serta visi dia dalam menciptakan umpan-umpan matang bagi rekannya, serta ia juga mampu memberikan gol bagi tim. Andai saat ini ia tidak dalam kondisi terbaiknya, sudah pasti saya akan membiarkan dia istarahat dan hal ini sama sekali tidak menjadi masalah bagi dirinya maupun tim. Ia saat ini tidak lagi seorang anak kecil, namun ia telah menjadi seorang pria yang dewasa serta sabar terhadap semuanya.” Tuntas Moyes.

Rooney yang telah membela United selama 10 musim ini, memang telah memberikan konstribusi besar bagi The Reds Devil. Dimana ia yang telah tampil dalam 423 pertandingan bersama United di semua ajang, berhasil menciptakan 207 gol bagi United.

Rooney yang awalnya bermain sebagai seorang striker, saat ini berhasil menguasi berbagai posisi, serta siap dimaninkan di posisi apa aja saat diminta oleh sang pelatih. Dimana ia bisa bermain sebagai seorang pemain tengah maupun sebagai seorang pemain sayap. Kepandaian Rooney di berbagai posisi ini membuat United sangat muda untuk bermain di sejumlah formasi yang diinginkan sang pelatih. Ia bahkan sanggup menggantikan  peran Michael Carrick dan memimpin lapangan tengah lewat umpan yang akurat dari dirinya, seperti yang ia tunjukkan saat menghapai West Ham United, pada pekan kemarin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *