KEGAGALAN ADU PENALTI, DARIUS VASSEL SEMPAT KETAKUTAN PULANG KE INGGRIS

By | November 11, 2013

DARIUS VASSELMantan winger tim internasional Inggris, Darius Vassel sendiri ternyata pernah sempat ketakutan untuk pulang ke Inggris setelah kegagalan menjalani tugas sebagai eksekusi dalam adu penalti melawan timnas Portugal pada perempat final Piala Eropa 2004. Hal-hal ini dikatakan oleh mantan pelatih Inggris, Sven Goran Eriksson dalam wawancara dengan media yang terbesar di Inggris pada hari Sabtu 9-11-2013.

“Vassel sendiri datang kepada saya dan dia mengatakan, bahwa dirinya ingin tetap berada di Portugal, kemudian saya sendiri mengatakan kepadanya, apakah keluarga kamu datang kemari atau kamu sedang libur dan dia menjawab kepada saya tidak, saya tidak ingin pulang dan bertemu dengan media. Dan saat itu saya sendiri memaksa untuk pulang, memang sangat menyedihkan, pemain andalan tersebut Vassel tidak pernah bertampil untuk tim nasional Inggris lagi (sejak saat itu) jelas Eriksson.

Vassel sendiri merupakan salah satunya pemain yang eksekutor penalti terakhir untuk timnas Inggris saat itu kontra timnas Portugal, winger yang saat itu bermain bersama klub Aston Villa itu kegagalan menjalankan tugas dengan baik karena bola tendangan kearah pojok kanan gawang dapat ditahan oleh penjaga gawang Portugal, Ricardo Pereira sendiri yang memastikan kemenangan timnas Portugal dengan skor telak 6-5.

Pada saat itu tendangan pertama timnas Inggris, David Beckham, juga kegagalan, saat ingin eksekusi penalti, mantan mega bintang Manchester United tersebut Beckham kelihatan sempat tersandung sehingga membuat bola tembakkannya melambung jauh diatas mistar gawang timnas Portugal.

Eriksson sendiri mengaku faktor mental adalah kendala yang pertama untuk pemain tim nasional Inggris kala harus menghadapi dengan adu penalti. Eriksson dirinya sudah mengatakan kepada pelatih timnas Inggris saat ini, Roy Hodgson sendiri harus siap untuk melatih mental para anak asuhannya dalam hal-hal adu penalti, bila ingin melihat timnas Inggris berhasil di turnamen besar.

Pada saat ini adu pinalti memang menjadi momok atau ketakutan bagi tim nasional Inggris. Tercatat dalam satu dekade terakhir dalam pertandingan mereka di empat kompetisi pertandingan besar, ada tiga kali timnas Inggris menerima kelalahan harus pulang karena kalah adu penalti.

Yang pertama adalah timnas Inggris dikalahkan oleh Portugal di perempat final Piala Eropa 2004. Dua musim berselang, tepatnya pada di perempat final Piala dunia 2006, timnas Portugal sendiri yang membuat tim Inggris harus menggangkat koper pulang karena adu penalti.

Yang terakhirnya adalah para perempat final Piala Eropa 2012 timnas Inggris harus menerima kekalahan dengan cara yang sama saat itu melawan tim Italia, sebelumnya kedua kubu tersebut bermain seri dengan skor telak 0-0 hingga sampai waktu normal 2×45 habis, kemudian bertambah 30 menit kedua timnas tersebut tidak bisa membobol gawang sesama lain wasit langsung memberikan adu penalti dan saat itu timnas Inggris mengalami kekalahan dengan skor telak 6-4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *