CAPELLO: LEBIH SULIT MELATIH SUATU TIMNAS KETIMBANG KLUB!

By | December 29, 2013

Fabio CapelloJika ingin hitung-hitungan berapa partai yang dilakoni, klub memang lebih banyak jadwal bertanding ketimbang sebuah timnas (tim nasional). Tetapi siapa bilang melatih suatu negara itu jauh lebih mudah dibanding melatih sebuah klub?

Fabio Capello dengan tim nasional Russia misalnya. Tentu saja mereka cuma mempunyai jadwal-jadwal internasional yang waktu bertandingnya tidak tentu. Mulai dari laga-laga persahabatan, kualifikasi sebuah turnamen dan menjalani putaran final sebauh event.

Tetapi tetap saja membuat pelatih dengan kewarganegaraan Italia ini, membeduy tim nasional suatu negara jauh lebih sulit lantaran terbatasnya waktu kebersamaan para pemain dengan dirinya yang lebih sering melatih dengan klubnya.

Persoalan lain juga ditemukan oleh Capello selain teknis ada masalah bahasa yang hingga saat ini, masih dibutuh seorang penerjemah bila sedang menerangkan taktik dan menganjurkan sesuatu yang masih saja berhubungan dengan permainan terhadap timnya.

“Melatih suatu timnas lebih sulit sebab waktu yang Anda dapatkan dengan pemain-pemain Anda sangat terbatas. Tentu saja pekerjaan menjadi seorang pelatih suatu timnas sangat ketat. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan ialah menciptakan mental kemenangan dalam tim,” ujar Capello, sebagaimana dilansir oleh Soccerway, hari Minggu 29 Desember 2013.

“Terlepas dari semua itu, dalam soal saya melatih timnas Russia, semuanya lebih susah sebab saya harus berbicara lewat penerjemahan saya,” sambungnya ketika menghadiri acara Globe Soccer Awards.

Satu hal terpenting yang juga tidak kalah utama ialah bagi para kolegannya, terlebih yang mempunyai kewarganegaraan berbeda dengan timnas yang dibawah arahannya, jangan sesekali mencoba untuk menganti identitas permainan sebuah timnas yang biasanya, telah berakar mulai berpuluh-puuhan tahun lalu.

“Usai Anda melatih sebuah timnas, itu akan sangat sulit untuk memberi identias taktik dalam tim Anda. Anda mesti menyampaikan ide-ide Anda tetapi pada saat yang sama, Anda mesti berhati-hati agar tidak memutar-balik identitas dan ide-ide negara tersebut,” tuntas Capello.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *